• Ruang Pendidikan SMK Belum Aman dari KBG
    Isu kekerasan berbasis gender (KBG) yang masif digaungkan di media sosial membuat banyak korban KBG speak up. Kebanyakan dari mereka mengaku menjadi korban ketika berada […]
  • Lelaki lebih banyak Bergantung pada Perempuan, bukan Sebaliknya
    Dalam masyarakat yang patriarkal kita pasti sering mendengar dan melihat, bahkan mengalami langsung ketika perempuan dianggap rendah, subordinat, inferior. Perempuan juga mendapatkan perlakuan diskriminatif karena […]
  • Bukan tugas Istri untuk membesarkan Suaminya
    Sering kali saya mendengar narasi “Di balik laki-laki yang sukses ada perempuan hebat di belakangnya”, hal seperti ini sering saya temui dalam hubungan teman-teman saya […]
  • Hidden Figures: Perempuan dan Mitos Patriarki di Dunia Sains dan Teknologi
    Pada suatu hari Harrison (pimpinan Space Task Group NASA) memarahi Katherine Johnson yang dianggap terlalu lama mengambil waktu istirahat. Dengan murka akhirnya Katherine Johnson menceritakan […]
  • Apakah Program GenRe Tepat Sasaran?
    Sore itu, adikku tiba-tiba mengirimiku sebuah pesan menanyakan apakah aku ingin menjadi perwakilan pemuda dari komplekku untuk mengikuti penyuluhan yang dilakukan oleh BKKBN di kantor […]
  • Membicarakan Tubuh Melalui Refleksi Teologis
    Menjadi perempuan khususnya di Indonesia bukanlah hal mudah. Berbagai komentar ditujukan pada tubuh kita apapun bentuknya dari yang tidak memiliki payudara, payudaranya besar, pantat tipis, […]
  • Pearl Next Door dan Representasi Pasangan Lesbian
    Masih banyak masyarakat Indonesia yang salah kaprah dalam memahami relasi pasangan lesbian. Mereka pasti kepo dan menanyakan mana yang berperan menjadi laki-laki dan mana yang […]
  • Menjadi Feminis Tak Harus Ateis
    Suatu ketika, salah seorang teman di komunitas tempat kami berdiskusi tentang kesetaraan gender dan isu perempuan, datang kepada saya dengan wajah resah.  “Kata teman-teman di […]
  • Maaf, Kami Sudah Muak
    Maaf, kami sudah bosan.Lelaki macam kau kian pasaran.Bikin konten lecehkan perempuan,lalu beralasan hanya bercanda.Setelahnya tinggal minta maaf secara terbuka,berharap selesai begitu sajadan kami mudah lupa. […]
  • Mengapa Representasi Perempuan Penting Dalam Isu Lingkungan?
    Selasa lalu, saya bersama beberapa teman-teman mengadakan kegiatan nonton bareng film dokumenter berjudul Kinipan yang diproduksi oleh Watchdoc. Dokumenter ini berdurasi cukup panjang, 2 jam […]
  • Mencatat Bahasa Waria
    Latar belakang kenapa ini harus saya tulis kan adalah karena waria mengalami kehidupan yang kompleks. Tidak mudah menjadi waria di indonesia, namun identitas waria sejatinya […]
  • Ketika Hak Atas Bahasa Dirampas
    Slogan tubuhku otoritasku sudah santer terdengar dimana-mana, diungkapkan oleh banyak perempuan dari berbagai latar belakang. Apalagi di tahun-tahun ini ketika pembahasan mengenai kekerasan seksual bisa […]
  • Melihat Bunuh Diri dengan Sudut Pandang Berbeda (Peringatan Hal Pemicu)
    “Kenapa kita harus mati untuk bisa bebas? Kenapa kita tidak bisa hidup dan menjadi bahagia?” kalimat yang diucapkan salah satu tokoh dalam komik Suicide Prevention […]
  • Ketika Perempuan Dihadapkan Pada Mertua Patriarkis
    Representasi konflik antara sesama perempuan selalu menarik untuk dianalisa secara kritis sebagai sebuah ironi. Tidak hanya diabadikan sebagai figura cerita didalam film, sinetron, atau seri […]
  • Komersialisasi Poligami: Cara Baru Jualan Agama
    Beberapa hari yang lalu, lini masa di akun Twitter saya ramai membincangkan soal pamflet webinar dengan tajuk “45 Hari Sukses Poligami” lengkap dengan biaya ikut […]
  • Mengapa Harus Menjadi Feminisme 99 Persen
    Baru-baru ini, salah satu penerbit di Indonesia menerjemahkan sebuah buku berjudul “Feminism for The 99%” yang ditulis oleh Nancy Fraser bersama kedua rekannya Cinzia Arruza dan […]
  • “Kamu Gak Kayak Cewek Lain”: Wujud Kebencian Terhadap Perempuan
    “Kamu gak kayak cewek lain,” kamu pasti pernah mendengar ini ketika seseorang hendak mendapatkan hatimu dan menerimanya sebagai pacar. “Kamu gak kayak cewek lain,” Ucapnya, […]
  • Keperawanan, Mitos yang Didongengkan Patriarki
    Pada masyarakat patriarki keutuhan selaput darah tak jarang menjadi syarat mutlak laki-laki dalam memilih istrinya. Pada akhirnya perempuan dibebankan tanggung jawab untuk menjaga selaput darahnya […]
  • Membungkam Perempuan lewat Menstruasi
    Sejak duduk di bangku SMP, saya menyadari bahwa menstruasi seringkali menjadi momok mengerikan bagi banyak anak serta remaja perempuan. Ketakutan kami terus menerus dipupuk lewat […]
  • Upaya Perlawanan Sastra dan Perempuan
    Dunia Sastra masih banyak dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Tidak sedikit yang berpikir bahwa sia-sia melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi untuk mendalami Sastra karena pada […]
  • Pengekangan Seksualitas Perempuan
    Tumbuh menjadi seorang perempuan di masyarakat patriarki apalagi dalam kelompok masyarakat agamis yang gemar memanfaatkan narasi berbalut agama untuk mengurung gerak perempuan tidaklah mudah. Selain […]
  • Serial Birthcare Center Menunjukkan Bahwa Momshamming Itu Menyebalkan
    Di kehidupan sehari-hari sering kita temui ujaran-ujaran yang dilontarkan kepada perempuan hamil atau yang memiliki anak. Celotehan-celotehan yang katanya bentuk kepedulian, namun, lebih bertujuan pada […]
  • Perempuan dan Usia 30
    Usia hanyalah angka, namun entah bagaimana, ketika seorang perempuan memasuki usia tiga puluh, dua angka sederhana ini (3 dan 0) bertransformasi menjadi momok menakutkan yang […]
  • Refleksi Seorang Feminis Kristen atas Kriminalisasi Perempuan
    Hari ini ramai di twitter orang membicarakan seorang pesohor bernisial GA yang menjadi tersangka kasus video porno Bersama seorang lelaki berinisial MYD. Pun tak kalah […]
  • Waria di Tengah Masyarakat
    Hubungan antara seorang waria dengan masyarakat menjadi perhatian khusus bagi saya, terutama matriks matriksnya. Serta bagaimana waria dapat bertahan hidup ditengah masyarakat yang masih seksis, […]
  • Resep Pancake
    Kirimi aku pesan “resep pancake” jika kalian sedang mengalaminya. Tanyakan aku “resep pancake buah” untuk membuatku mengerti aku harus menghubungi polisi atau lembaga pendamping korban.
  • 22 Desember, Hari Apa?
    Tak bisakah kita melihat tanggal 22 Desember sebagai hari dimana kita kembali menggugat nilai-nilai patriarkis dalam struktur masyarakat kita?
  • Berbicara Mengenai Perempuan Melalui Sastra
    Perempuan akan memberikan tubuhnya pada lelaki yang pantas, dan lelaki itu akan menghidupinya dengan hartanya. Itu dinamakan perkawinan. Kelak ketika dewasa, aku menganggapnya persundalan yang […]
  • Melepaskan Diri Dari Cinta Bersyarat
    Dua tahun lalu, saya mengikuti sebuah sesi pengenalan diri. Pada sesi tersebut, saya diminta untuk menuliskan timeline dan peristiwa-peristiwa yang terjadi dari awal saya lahir […]
  • Kim Ji-Young Born 1982 dan Pelecehan Seksual di Dunia Kerja
    Di tengah masa karantina, saya disarankan menonton sebuah film berjudul “Kim Ji-Young Born 1982” oleh teman saya. Film yang rilis tahun 2019 ini ternyata banyak […]
  • Unbelievable dan Mengapa Korban Pemerkosaan Sulit Mendapatkan Keadilan
    Mini seri bertajuk “Unbelievable” tayang perdana di Netflix pada 13 September 2019. Mini seri sebanyak delapan episode ini merupakan kejadian nyata dan terinspirasi dari artikel […]
  • Balada Ibu Rumah Tangga
    Alkisah hiduplah seorang perempuan bernama Maimunah. Sejak kecil dia dipupuk untuk memenuhi ekspetasi “Istri Ideal” oleh orang tuanya dan menjadi ibu rumah tangga adalah mimpinya. […]
  • Feminis Tak Bisa Masak? Masa sih?
    Seseorang yang tidak kukenal pernah mengirimku pesan melalui Direct Message (DM) Instagram: “Palingan perempuan yang kayak kamu itu, yang koar-koar soal feminisme dan kesetaraan gender, […]
  • Kenapa Kita Harus Mendobrak Kultur Pesantren yang Timpang
    Islam hadir di muka bumi ini tidak lain kecuali untuk membebaskan manusia dari pelbagai bentuk ketidakadilan. Dalam konteks hubungan laki-laki dan perempuan, keadilan meniscayakan tidak […]
  • Realita Perempuan Desa Menyebabkan Sulitnya Pemberdayaan
    Beberapa waktu lalu, saya sempat mengobrol ringan dengan ibu saya perihal sebuah gagasan untuk memberdayakan perempuan, khususnya di desa saya. Setelah menjelaskan panjang lebar siapa […]
  • Berdamai Dengan Diri Sendiri
    Tenggelam dalam lautan kesedihanTerjerat dalam kekacauan dunia Aku gadis yang belum cukup dewasaMencoba berdamai dengan diri sendiri Tanpa disadari aku sering gagal untuk berdamai Terlalu malu […]
  • Menghormati Privasi Mengajarkan Saya Tentang Relasi Sehat
    Seringkali saya menemukan banyak teman perempuan saya yang berbagi akun media sosial dengan pasangannya, begitu pula sebaliknya. Atau kadang bertukar handphone (telepon genggam). Kesannya lucu […]
  • 39 dan Lajang
    Lalu, apakah saya masih memikirkan soal pernikahan dan status saya yang masih melajang hingga sekarang? Saya pasti berbohong bila bilang tidak. Namun, yang saya pikirkan mungkin tidak seperti yang banyak diduga orang.
  • Rumah
    Apa yang sesungguhnya ia ingin? Pertanyaan demikian yang membuat Soca meninggalkan bayangan si lelaki dan berjalan lebih cepat menyusuri cermin dengan digandeng dua potong tangan kecil, kanan dan kiri.
  • Harapan
    Dulu ku kira, Beranjak dewasa adalah hal yang mudah dan menyenangkan
  • Perempuan Kepala Keluarga itu Ada Dimana-mana
    Ibu saya mungkin tidak membaca literatur feminisme tetapi beliau adalah representasi sosok feminis yang saya kagumi. Ia berpesan, “Nduk, jadilah perempuan yang mandiri dan berani, janganlah bergantung pada laki-laki.”
  • Ika Vantiani: Ganti Penjalasan Kata Perempuan Dalam KBBI
    Ika melihat bahwa dialog ini penting untuk membangun kesadaran tentang bias gender yang ada. “Karena ini kamus besar bahasa Indonesia. Setiap orang yang belajar bahasa Indonesia, akan dibandung cara pandangnya melalui kamus ini. Penjelasan kata perempuan menjadi bahaya karena membangun narasi perempuan di Indonesia. Acuan yang paling bendar dan paling lengkap.”
  • Feby Indirani: Meretas Diskriminasi Terhadap Perempuan Lajang
    “Perempuan menjadi lemah di mata hukum jika statusnya melajang. Ini adalah bentuk diskriminasi struktural terhadap perempuan,” ucap Feby Indirani.
  • Ketika Aib Pemerkosaan dipikul Perempuan Sebagai Dosa
    Membaca kembali kisah Tamar melalui perspektif feminis membawa saya mengingat beberapa kisah para saudari di masa kini yang bergelut di sekitar kesunyian karena ketidakadilan. Para saudari yang disenyapkan dan dipaksa untuk menanggung aib pemerkosaan sebagai dosa bagi dirinya sendiri.
  • Anak Perempuan Butuh Panutan Yang Lebih Beragam
    Cara kita melihat anak perempuan dan lelaki menentukan bagaimana kita membesarkan anak-anak kita dan memberikan contoh panutan yang layak ditiru.
  • Aku Ada
    Sekarang, ia masih belum sepenuhnya mengerti dunianya. Lamun, ia susun kembali apa yang dulu ia anggap sirna, Hasrat, mimpi, kepercayaan, dan apa yang memang menjadi miliknya.
  • Diskriminasi Kelompok Minoritas Menghambat Anak Mengakses Kesehatan
    Tujuh tahun silam, tragedi kelompok Syiah yang berasal dari Sampang, Madura, mengoyak kemanusiaan. Pembakaran, penganiayaan, hingga perampasan hak beragama terjadi di sana. Mereka terusir dari […]
  • Serial Ini Bikin Kamu Ingin Jadi Astronot (Lagi)
    Siapa sih di antara kita yang cita-citanya pupus karena orangtuanya bilang bahwa hanya lelaki yang bisa menjadi Astronot? Menjadi astronot adalah cita-cita banyak anak perempuan sejak kecil.
  • Perempuan Itu
    Tak masuk akal selalu memintanya mengalah agar ego kerdilmu tidak perlu merasa salah
  • Hope dan Upaya Mencari Pemulihan
    Film Hope diangkat dari kisah nyata dalam kasus Mayoung yang terjadi pada tahun 2008. Kasus ini terjadi pada seorang anak berusia delapan tahun di Korea […]
  • Benarkah Perempuan Tidak Sekorup Laki-Laki?
    Keberadaan perempuan dianggap sebagai penyelamat sebuah lembaga negara dari potensi korupsi. Asumsi ini berawal dari adanya pergeseran paradigma terkait peran perempuan di ranah publik.
  • Apakah Transgender itu Pilihan atau Takdir?
    Perumpamaan biji sawi vs ulat bulu tersebut, sebenarnya sangat ngena untuk menggambarkan bagaimana transgender menemukan identitas gendernya dan bertransformasi. Tapi ujung-ujungnya, eike bisa bilang kalau menjadi transgender itu karena takdir.
  • Jika Kalian Kucing dan Kami Ikan Asin
    Jika kalian anggap kami sama dengan ikan asin, sepertinya kalian yang sinting.
  • Rumah
    Pil-pil yang disarankan teman-teman sekolah hanya membuat perutnya nyeri luar biasa dan pada muaranya, ia dinikahkan dengan lelaki yang hidup dengannya tidak sampai delapan bulan itu.
  • Memutus Rantai Patriarki, Membangun Cinta Setara
    Tanpa sadar kita menurunkan dan mewarisinya kepada anak-anak kita. Oleh karena itu kita sebagai generasi penerus yang telah memahami ketimpangan ini memiliki andil dalam memutus rantai patriarki.
  • Benarkah Perempuan Butuh Perlindungan Lelaki?
    Perempuan dipenjarakan dalam ketidakberdayaan, diharapkan untuk memiliki karakter lemah-lembut dan butuh perlindungan, namun di sisi lain harus menghadapi bahaya dari orang yang dianggap pelindung.
  • Bagaimana Teolog Feminis Kristen Menghadirkan Tuhan
    Meski terdapat mistikus perempuan yang menulis di masa kemudian, otoritas untuk menuliskan narasi kekristenan dianggap hanya dimiliki oleh laki-laki.
  • Ketika Negara Tidak Perduli Dengan Korban Anak Kekerasan Seksual
    Jikalau pemerintah tak mempunyai semangat dalam membahas dan mengesahkan RUU PKS, bagaimana bisa menjamin perlindungan anak dari kekerasan seksual? RUU P-KS sangat penting untuk mewujudkan perlindungan anak.
  • Bukan Penis Envy, tapi Womb Envy: Perlawanan Karen Horney terhadap Pandangan Misoginis
    Horney sadar bahwa adanya ketimpangan dalam mendefinisikan peran perempuan dengan konflik psikologis. Langkah beraninya adalah dengan mengembangkan psikologi feminis yang menganalisis ketidaksetaraan dalam relasi gender dan perilaku antara dua jenis kelamin yang berbeda.
  • Berdosakah Tak Peringati Hari Ayah?
    Apa benar, kami termasuk golongan tak berbakti hanya karena kami menolak datang ke pemakaman bapak kami?
  • On the Basis of Sex: Ketika Lelaki Mendapatkan Diskriminasi
    Apa jadinya ketika lelaki mendapatkan diskriminasi? Ya tentu saja lelaki juga bisa mendapatkan diskriminasi jika hukum yang ada tidak berpihak pada lelaki tatkala ia harus […]
  • Misbehaviour: Gerakan Perempuan Melawan Kontes Kecantikan
    Film Misbehaviour yang dibintangi oleh Keira Knightly dan Gugu Mbatha-Raw menceritakan tentang kisah nyata gerakan perempuan di Inggris yang berupaya melaksanakan protes pada penyelenggaraan kontes […]
  • Kamu, Aku, dan Sepatu
    “Kenapa sih, kamu beli sepatu terus, padahal di rumah sudah banyak?” Aduuuh…lagi-lagi keluhanmu. Serba salah, deh. Kalau aku tidak mengajakmu ikutan belanja, kamu langsung merengut […]
  • Puan, Mari Runtuhkan Ekonomi!
    Tulisan ini disadur dari puisi Collapse the Economy (oleh Olivia Gatwood dan Megan Falley) Sebuah penelitian memprediksi :Jika pada hari ini semua perempuan berhenti membeli […]
  • Nasab
    Ruang perawatan bayi selalu berisik ketika lewat tengah malam. Sayangnya, orang-orang tidak pernah mendengar setiap bisik dan jeritan yang saling balas dari kami, para bayi […]
  • Yakin Ikut Kelas Poligami?
    Baru-baru ini kembali lagi saya melihat brosur “kelas poligami” di Instagram dan whatsapp saya—kelas ini bahkan sempat-sempatnya hadir di tengah pandemi yang belum selesai ini. […]
  • 5 Alasan Kenapa Kamu Lebih Suka Drama Korea
    Sebagai peminat drama pertikaian, saya tentu amat menggemari sinema berseri yang memiliki jalan cerita menarik. Durasi episode yang tak teralu panjang, hingga alur cerita yang […]
  • Berdamai dengan Rasa Cemas di Masa Pandemi
    Produktivitas tinggi menjadi tren baru di lingkungan kita selama pelaksanaan karantina, efek pandemi Covid-19. Media sosial dipenuhi unggahan orang-orang yang memasak, menata rumah, melukis, belajar […]
  • Kegagalan Neoliberalisasi: Eksploitasi Tenaga Kesehatan Perempuan
    Tenaga medis yang berada di garda terdepan melawan COVID-19 kini sedang bertarung mati-matian untuk dapat bertahan hidup. Belum lagi dengan tenaga medis di Indonesia bahkan […]
  • Pekerja Seks Berdaulat: Menyangkal Kejamnya Dunia Prostitusi di Indonesia
    Beberapa waktu lalu, saya membaca sebuah artikel di situs web feminis yang membahas pekerja seks yang berdaulat. Dalam artikel tersebut, si penulis berargumen bahwa tidak […]
  • Perempuan, Buruh dan Perjuangan Kolektif
    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) orang yang bekerja untuk orang lain dengan mendapat upah disebut sebagai buruh. Baik yang bekerja pada perusahaan maupun perorangan, […]
  • Tak Perlu Memuji Lelaki
    Dalam konstruksi sosial laki-laki dan perempuan seakan telah diatur sedemikian rupa keberadaannya. Mulai dari cara berpakaian sampai berperilaku. Celakanya, konstruksi masyarakat cenderung jatuh kepada sistem […]
  • Perlukah Istilah Emansipasi dan Feminisme Diperdebatkan?
    Hari itu, sebetulnya sudah lama sekali, namun saya baru sempat menuliskannya. Saya ingat, untuk pertama kalinya berdebat dengan seseorang tentang feminisme dan emansipasi. Saya belum […]
  • Ketika Perempuan Mencibir Sesama Perempuan
    “Gila make up lo menor banget. Mau nongkrong atau mau ngelenong?”“Baju dia sexy banget. Kurang bahan atau gimana?”“Kok bisa cewek gak bisa masak? Bisa-bisa gak […]
  • Perjalanan Keluar Dari Hubungan Tak Sehat
    Seringkali, teman-teman saya menceritakan tentang hubungannya yang tidak sehat (toxic relationship). Hal ini membuat saya terbakar emosi karena saya sendiri pernah jadi korban abusive relationship. […]
  • Lewat Yoon Yi Suh, Kita Diingatkan Menjadi Perempuan Berdaya
    Yoon Yi Suh adalah nama pemeran utama perempuan dalam serial drama Korea bertajuk “100 Days My Prince”. Drama bergenre sejarah dengan nuansa romantis komedi yang […]
  • Sampai Kapanpun Istri Berhak Menolak Seks
    Dalam konstruksi masyarakat yang cenderung patriarki, perempuan memiliki porsi lebih banyak. Iya, lebih banyak, lebih banyak untuk menerima kerugian. Masyarakat selalu memiliki standar tertentu yang […]
  • Menstruasi Ketika Miskin
    Minimnya pengetahuan mengenai menstruasi mengakibatkan perempuan kikuk menghadapinya. Waktu saya duduk di bangku SMP, saya kebingungan ketika pertama kali melihat bercak darah muncul di celana […]
  • Saatnya Mencari Alternatif Merayakan Kartini
    Tanggal 21 April, kita memperingati hari kelahiran R.A. Kartini. Jika saat ini kita tidak dalam kondisi luar biasa pandemi COVID-19, tentunya sekolah-sekolah akan mengadakan berbagai […]
  • Film North Country: Penindasan Perempuan Dimana-mana
    Di tengah Covid-19, saya menghabiskan banyak waktu saya dengan menonton film guna mengusir kebosanan. Penting sekali agar kita tetap waras dan bahagia. Mengingat perempuan salah […]
  • Jika Perempuan Selalu Benar, Kenapa Masih Menyalahkan Kami?
    Kerap kali, ketika saya memberanikan diri berargumen terhadap isu yang ada justru dinilai banyak bicara. Ketika saya lebih asertif untuk menunjukkan argumen mereka mengatakan, “Perempuan […]
  • Catatan Perawat Covid-19 di Tengah Pandemi
    Wabah covid-19 mengetuk hati nurani saya untuk turun dan ikut menangani pasien covid-19. Sejak awal, keputusan saya menjadi seorang perawat, saya telah meletakkan sejumlah prinsip […]
  • Membaca Ulang Kisah Hawa Agar Adil Dalam Pikiran
    Adam dan Hawa jadi tokoh paling ikonik jika membincangkan cerita awal penciptaan manusia. Cerita tentang sepasang manusia pertama hidup di surga tanpa kesusahan kemudian harus […]
  • Pembenci Perempuan
    Memuliakan, tapi menghina –mulai dari rupa hingga busana.Kecerdasan dianggap ancaman.Wajah dibilang fitnah.Ego sembunyi di balik agamalewat dalil yang dimanipulasikhusus menguntungkan kaumnyaUntuk apa menikahbila salah satu […]
  • Dibunuh Karena Ia Perempuan
    Jumlah perempuan korban kekerasan terus meningkat dari tahun ke tahun. Dalam Catahu Komnas Perempuan, per tahun 2019, kekerasan terhadap perempuan mengalami lonjakan naik sampai di […]
  • Mendesak Negara Tak Abai Melawan COVID-19
    Bumi beserta isi-isinya sedang sakit. Kehadiran COVID-19, virus yang menyerang sistem pernapasan manusia membuat kita cukup bahkan sangat gelisah. Virus ini sangat berbahaya. Orang yang […]
  • Saatnya Feminis Mengecam Produk Dengan Tes Hewan
    Kita pasti pernah merasakan rasanya kelilipan atau terkena busa sabun mandi atau sekadar perihnya mata ketika memotong bawang. Sudah pasti rasanya tidak enak sekali. Kita […]
  • Kenapa Anak Perempuan Juga Perlu Body Positivity?
    Suatu ketika saya sedang menelusuri instagram story (instastory) teman-teman saya dan tak sengaja, saya mendapatkan salah satu teman saya mengunggah video bersama keponakannya yang kembar […]
  • 5 Alasan Kenapa Feminis Harus Berhenti Memakai Produk Perusak Lingkungan
    Hari ini, hampir semua produk mengandung zat yang didapatkan dan limbahnya berdampak pada kerusakan lingkungan. Hal ini membuat kita tersadar bagaimana masifnya produksi barang-barang tersebut […]
  • “Tapi Dia Kan Emang Cakep”: Tara Basro dan Sulitnya Menyampaikan Pesan Self Love
    Beberapa waktu lalu, Tara Basro menjadi pembicaraan hangat. Pasalnya, ia mengunggah foto “berani” di media sosialnya. Pertama, ia mengenakan pakaian two piece dalam jepretan tersebut, […]
  • Kurus atau Gemuk, Semua Berhak Mencintai Tubuhnya Sendiri
    Unggahan foto Tara Basro dengan pesan #bodypositivity menuai beragam reaksi. Selain tuduhan memposting konten (yang dianggap) pornografi oleh Kominfo (berdasarkan UU ITE yang penuh dengan […]
  • Kamu yang nafsu, kok Tara Basro yang disalahin?
    Seorang pemain film bernama Tara Basro ramai diperbincangkan netizen terkait unggahan terakhirnya dalam media sosial Instagram. Unggahan foto tubuhnya disertai pesan menyentuh yang ia sampaikan […]
  • Mengenang Nh. Dini, dan Kenapa Perempuan Harus Menulis
    Pasca reformasi 1998, dunia sastra Indonesia diwarnai dengan kehadiran pengarang perempuan seperti Ayu Utami, Dee (Dewi Lestari), Djenar Maesa Ayu, Fira Basuki. Tetapi, jauh sebelum […]
  • Kontes Kecantikan atau Kontes Eksploitasi Perempuan?
    Sudah 68 tahun kontes kecantikan Miss World hadir di Bumi. Bersamaan dengan hadirnya Miss World, stigma tentang nilai cantik juga lahir di kalangan masyarakat. Kontes […]
  • Omnibus Law Bikin Pekerja Perempuan CiLaKa
    Lagi-lagi sosok pemimpin kontroversial Joko Widodo menyampaikan titahnya yang tidak kalah kontroversial. Jika sebelumnya Undang-Undang KPK yang hangat dan seksi menjadi perbincangan, maka kali ini […]
  • Dilema Gerbong Perempuan
    Malam itu, saya pulang dengan menggunakan kereta dan memutuskan untuk berada di gerbong khusus perempaun, karena pada saat itu gerbong campuran terlihat cukup ramai dan […]
  • Poligami Bukan Solusi
    Sudah sejak lama praktik poligami menjadi polemik dikehidupan masyarakat Indonsia. Kisah-kirah rumah tangga poligami tidak jarang diajdikan sebagai cerita inspirasi berbentuk sebuah novel sebuah film. […]
  • Melawan Sistem dengan Suara Kesetaraan
    Akhir-akhir ini, kasus-kasus kekerasan pada perempuan seringkali terjadi. Pelecehan seksual, kekerasan seksual, kriminalisasi pekerja seks, psikolog gadungan yang melakukan kekerasan seksual, bias media dalam menceritakan […]
  • Suami Saya Bapak Rumah Tangga dan Saya Bangga
    Beberapa hari yang lalu, suami saya bercerita tentang pertanyaan seorang petugas perempuan di kantor TU SD ketiak ia hendak membayar uang SPP bulanan Aletta. Sambil […]
  • Kenapa Pilihan Perempuan Masih Dipertanyakan?
    “Disuruh memilih jurnalis atau ibu rumah tangga?”, Kang Deni mencecar Najwa Shihab. Mbak Najwa menyahut dengan mantap : “Kenapa sih perempuan harus disuruh memilih? Bukankah […]