Arsip

  • 39 dan Lajang
    Lalu, apakah saya masih memikirkan soal pernikahan dan status saya yang masih melajang hingga sekarang? Saya pasti berbohong bila bilang tidak. Namun, yang saya pikirkan mungkin tidak seperti yang banyak diduga orang.
  • Rumah
    Apa yang sesungguhnya ia ingin? Pertanyaan demikian yang membuat Soca meninggalkan bayangan si lelaki dan berjalan lebih cepat menyusuri cermin dengan digandeng dua potong tangan kecil, kanan dan kiri.
  • Harapan
    Dulu ku kira, Beranjak dewasa adalah hal yang mudah dan menyenangkan
  • Perempuan Kepala Keluarga itu Ada Dimana-mana
    Ibu saya mungkin tidak membaca literatur feminisme tetapi beliau adalah representasi sosok feminis yang saya kagumi. Ia berpesan, “Nduk, jadilah perempuan yang mandiri dan berani, janganlah bergantung pada laki-laki.”
  • Ika Vantiani: Ganti Penjalasan Kata Perempuan Dalam KBBI
    Ika melihat bahwa dialog ini penting untuk membangun kesadaran tentang bias gender yang ada. “Karena ini kamus besar bahasa Indonesia. Setiap orang yang belajar bahasa Indonesia, akan dibandung cara pandangnya melalui kamus ini. Penjelasan kata perempuan menjadi bahaya karena membangun narasi perempuan di Indonesia. Acuan yang paling bendar dan paling lengkap.”
  • Feby Indirani: Meretas Diskriminasi Terhadap Perempuan Lajang
    “Perempuan menjadi lemah di mata hukum jika statusnya melajang. Ini adalah bentuk diskriminasi struktural terhadap perempuan,” ucap Feby Indirani.
  • Ketika Aib Pemerkosaan dipikul Perempuan Sebagai Dosa
    Membaca kembali kisah Tamar melalui perspektif feminis membawa saya mengingat beberapa kisah para saudari di masa kini yang bergelut di sekitar kesunyian karena ketidakadilan. Para saudari yang disenyapkan dan dipaksa untuk menanggung aib pemerkosaan sebagai dosa bagi dirinya sendiri.
  • Anak Perempuan Butuh Panutan Yang Lebih Beragam
    Cara kita melihat anak perempuan dan lelaki menentukan bagaimana kita membesarkan anak-anak kita dan memberikan contoh panutan yang layak ditiru.
  • Aku Ada
    Sekarang, ia masih belum sepenuhnya mengerti dunianya. Lamun, ia susun kembali apa yang dulu ia anggap sirna, Hasrat, mimpi, kepercayaan, dan apa yang memang menjadi miliknya.
  • Diskriminasi Kelompok Minoritas Menghambat Anak Mengakses Kesehatan
    Tujuh tahun silam, tragedi kelompok Syiah yang berasal dari Sampang, Madura, mengoyak kemanusiaan. Pembakaran, penganiayaan, hingga perampasan hak beragama terjadi…
  • Serial Ini Bikin Kamu Ingin Jadi Astronot (Lagi)
    Siapa sih di antara kita yang cita-citanya pupus karena orangtuanya bilang bahwa hanya lelaki yang bisa menjadi Astronot? Menjadi astronot adalah cita-cita banyak anak perempuan sejak kecil.
  • Perempuan Itu
    Tak masuk akal selalu memintanya mengalah agar ego kerdilmu tidak perlu merasa salah
  • Hope dan Upaya Mencari Pemulihan
    Film Hope diangkat dari kisah nyata dalam kasus Mayoung yang terjadi pada tahun 2008. Kasus ini terjadi pada seorang anak…
  • Benarkah Perempuan Tidak Sekorup Laki-Laki?
    Keberadaan perempuan dianggap sebagai penyelamat sebuah lembaga negara dari potensi korupsi. Asumsi ini berawal dari adanya pergeseran paradigma terkait peran perempuan di ranah publik.
  • Apakah Transgender itu Pilihan atau Takdir?
    Perumpamaan biji sawi vs ulat bulu tersebut, sebenarnya sangat ngena untuk menggambarkan bagaimana transgender menemukan identitas gendernya dan bertransformasi. Tapi ujung-ujungnya, eike bisa bilang kalau menjadi transgender itu karena takdir.
  • Jika Kalian Kucing dan Kami Ikan Asin
    Jika kalian anggap kami sama dengan ikan asin, sepertinya kalian yang sinting.
  • Rumah
    Pil-pil yang disarankan teman-teman sekolah hanya membuat perutnya nyeri luar biasa dan pada muaranya, ia dinikahkan dengan lelaki yang hidup dengannya tidak sampai delapan bulan itu.
  • Memutus Rantai Patriarki, Membangun Cinta Setara
    Tanpa sadar kita menurunkan dan mewarisinya kepada anak-anak kita. Oleh karena itu kita sebagai generasi penerus yang telah memahami ketimpangan ini memiliki andil dalam memutus rantai patriarki.
  • Benarkah Perempuan Butuh Perlindungan Lelaki?
    Perempuan dipenjarakan dalam ketidakberdayaan, diharapkan untuk memiliki karakter lemah-lembut dan butuh perlindungan, namun di sisi lain harus menghadapi bahaya dari orang yang dianggap pelindung.
  • Bagaimana Teolog Feminis Kristen Menghadirkan Tuhan
    Meski terdapat mistikus perempuan yang menulis di masa kemudian, otoritas untuk menuliskan narasi kekristenan dianggap hanya dimiliki oleh laki-laki.
  • Ketika Negara Tidak Perduli Dengan Korban Anak Kekerasan Seksual
    Jikalau pemerintah tak mempunyai semangat dalam membahas dan mengesahkan RUU PKS, bagaimana bisa menjamin perlindungan anak dari kekerasan seksual? RUU P-KS sangat penting untuk mewujudkan perlindungan anak.
  • Bukan Penis Envy, tapi Womb Envy: Perlawanan Karen Horney terhadap Pandangan Misoginis
    Horney sadar bahwa adanya ketimpangan dalam mendefinisikan peran perempuan dengan konflik psikologis. Langkah beraninya adalah dengan mengembangkan psikologi feminis yang menganalisis ketidaksetaraan dalam relasi gender dan perilaku antara dua jenis kelamin yang berbeda.
  • Berdosakah Tak Peringati Hari Ayah?
    Apa benar, kami termasuk golongan tak berbakti hanya karena kami menolak datang ke pemakaman bapak kami?
  • On the Basis of Sex: Ketika Lelaki Mendapatkan Diskriminasi
    Apa jadinya ketika lelaki mendapatkan diskriminasi? Ya tentu saja lelaki juga bisa mendapatkan diskriminasi jika hukum yang ada tidak berpihak…
  • Misbehaviour: Gerakan Perempuan Melawan Kontes Kecantikan
    Film Misbehaviour yang dibintangi oleh Keira Knightly dan Gugu Mbatha-Raw menceritakan tentang kisah nyata gerakan perempuan di Inggris yang berupaya…
  • Kamu, Aku, dan Sepatu
    “Kenapa sih, kamu beli sepatu terus, padahal di rumah sudah banyak?” Aduuuh…lagi-lagi keluhanmu. Serba salah, deh. Kalau aku tidak mengajakmu…
  • Puan, Mari Runtuhkan Ekonomi!
    Tulisan ini disadur dari puisi Collapse the Economy (oleh Olivia Gatwood dan Megan Falley) Sebuah penelitian memprediksi :Jika pada hari…
  • Nasab
    Ruang perawatan bayi selalu berisik ketika lewat tengah malam. Sayangnya, orang-orang tidak pernah mendengar setiap bisik dan jeritan yang saling…
  • Yakin Ikut Kelas Poligami?
    Baru-baru ini kembali lagi saya melihat brosur “kelas poligami” di Instagram dan whatsapp saya—kelas ini bahkan sempat-sempatnya hadir di tengah…
  • 5 Alasan Kenapa Kamu Lebih Suka Drama Korea
    Sebagai peminat drama pertikaian, saya tentu amat menggemari sinema berseri yang memiliki jalan cerita menarik. Durasi episode yang tak teralu…
  • Berdamai dengan Rasa Cemas di Masa Pandemi
    Produktivitas tinggi menjadi tren baru di lingkungan kita selama pelaksanaan karantina, efek pandemi Covid-19. Media sosial dipenuhi unggahan orang-orang yang…
  • Kegagalan Neoliberalisasi: Eksploitasi Tenaga Kesehatan Perempuan
    Tenaga medis yang berada di garda terdepan melawan COVID-19 kini sedang bertarung mati-matian untuk dapat bertahan hidup. Belum lagi dengan…
  • Pekerja Seks Berdaulat: Menyangkal Kejamnya Dunia Prostitusi di Indonesia
    Beberapa waktu lalu, saya membaca sebuah artikel di situs web feminis yang membahas pekerja seks yang berdaulat. Dalam artikel tersebut,…
  • Perempuan, Buruh dan Perjuangan Kolektif
    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) orang yang bekerja untuk orang lain dengan mendapat upah disebut sebagai buruh. Baik yang…
  • Tak Perlu Memuji Lelaki
    Dalam konstruksi sosial laki-laki dan perempuan seakan telah diatur sedemikian rupa keberadaannya. Mulai dari cara berpakaian sampai berperilaku. Celakanya, konstruksi…
  • Perlukah Istilah Emansipasi dan Feminisme Diperdebatkan?
    Hari itu, sebetulnya sudah lama sekali, namun saya baru sempat menuliskannya. Saya ingat, untuk pertama kalinya berdebat dengan seseorang tentang…
  • Ketika Perempuan Mencibir Sesama Perempuan
    “Gila make up lo menor banget. Mau nongkrong atau mau ngelenong?”“Baju dia sexy banget. Kurang bahan atau gimana?”“Kok bisa cewek…
  • Perjalanan Keluar Dari Hubungan Tak Sehat
    Seringkali, teman-teman saya menceritakan tentang hubungannya yang tidak sehat (toxic relationship). Hal ini membuat saya terbakar emosi karena saya sendiri…
  • Lewat Yoon Yi Suh, Kita Diingatkan Menjadi Perempuan Berdaya
    Yoon Yi Suh adalah nama pemeran utama perempuan dalam serial drama Korea bertajuk “100 Days My Prince”. Drama bergenre sejarah…
  • Sampai Kapanpun Istri Berhak Menolak Seks
    Dalam konstruksi masyarakat yang cenderung patriarki, perempuan memiliki porsi lebih banyak. Iya, lebih banyak, lebih banyak untuk menerima kerugian. Masyarakat…
  • Menstruasi Ketika Miskin
    Minimnya pengetahuan mengenai menstruasi mengakibatkan perempuan kikuk menghadapinya. Waktu saya duduk di bangku SMP, saya kebingungan ketika pertama kali melihat…
  • Saatnya Mencari Alternatif Merayakan Kartini
    Tanggal 21 April, kita memperingati hari kelahiran R.A. Kartini. Jika saat ini kita tidak dalam kondisi luar biasa pandemi COVID-19,…
  • Film North Country: Penindasan Perempuan Dimana-mana
    Di tengah Covid-19, saya menghabiskan banyak waktu saya dengan menonton film guna mengusir kebosanan. Penting sekali agar kita tetap waras…
  • Jika Perempuan Selalu Benar, Kenapa Masih Menyalahkan Kami?
    Kerap kali, ketika saya memberanikan diri berargumen terhadap isu yang ada justru dinilai banyak bicara. Ketika saya lebih asertif untuk…
  • Catatan Perawat Covid-19 di Tengah Pandemi
    Wabah covid-19 mengetuk hati nurani saya untuk turun dan ikut menangani pasien covid-19. Sejak awal, keputusan saya menjadi seorang perawat,…
  • Membaca Ulang Kisah Hawa Agar Adil Dalam Pikiran
    Adam dan Hawa jadi tokoh paling ikonik jika membincangkan cerita awal penciptaan manusia. Cerita tentang sepasang manusia pertama hidup di…
  • Pembenci Perempuan
    Memuliakan, tapi menghina –mulai dari rupa hingga busana.Kecerdasan dianggap ancaman.Wajah dibilang fitnah.Ego sembunyi di balik agamalewat dalil yang dimanipulasikhusus menguntungkan…
  • Dibunuh Karena Ia Perempuan
    Jumlah perempuan korban kekerasan terus meningkat dari tahun ke tahun. Dalam Catahu Komnas Perempuan, per tahun 2019, kekerasan terhadap perempuan…
  • Mendesak Negara Tak Abai Melawan COVID-19
    Bumi beserta isi-isinya sedang sakit. Kehadiran COVID-19, virus yang menyerang sistem pernapasan manusia membuat kita cukup bahkan sangat gelisah. Virus…
  • Saatnya Feminis Mengecam Produk Dengan Tes Hewan
    Kita pasti pernah merasakan rasanya kelilipan atau terkena busa sabun mandi atau sekadar perihnya mata ketika memotong bawang. Sudah pasti…
  • Kenapa Anak Perempuan Juga Perlu Body Positivity?
    Suatu ketika saya sedang menelusuri instagram story (instastory) teman-teman saya dan tak sengaja, saya mendapatkan salah satu teman saya mengunggah…
  • 5 Alasan Kenapa Feminis Harus Berhenti Memakai Produk Perusak Lingkungan
    Hari ini, hampir semua produk mengandung zat yang didapatkan dan limbahnya berdampak pada kerusakan lingkungan. Hal ini membuat kita tersadar…
  • “Tapi Dia Kan Emang Cakep”: Tara Basro dan Sulitnya Menyampaikan Pesan Self Love
    Beberapa waktu lalu, Tara Basro menjadi pembicaraan hangat. Pasalnya, ia mengunggah foto “berani” di media sosialnya. Pertama, ia mengenakan pakaian…
  • Kurus atau Gemuk, Semua Berhak Mencintai Tubuhnya Sendiri
    Unggahan foto Tara Basro dengan pesan #bodypositivity menuai beragam reaksi. Selain tuduhan memposting konten (yang dianggap) pornografi oleh Kominfo (berdasarkan…
  • Kamu yang nafsu, kok Tara Basro yang disalahin?
    Seorang pemain film bernama Tara Basro ramai diperbincangkan netizen terkait unggahan terakhirnya dalam media sosial Instagram. Unggahan foto tubuhnya disertai…
  • Mengenang Nh. Dini, dan Kenapa Perempuan Harus Menulis
    Pasca reformasi 1998, dunia sastra Indonesia diwarnai dengan kehadiran pengarang perempuan seperti Ayu Utami, Dee (Dewi Lestari), Djenar Maesa Ayu,…
  • Kontes Kecantikan atau Kontes Eksploitasi Perempuan?
    Sudah 68 tahun kontes kecantikan Miss World hadir di Bumi. Bersamaan dengan hadirnya Miss World, stigma tentang nilai cantik juga…
  • Omnibus Law Bikin Pekerja Perempuan CiLaKa
    Lagi-lagi sosok pemimpin kontroversial Joko Widodo menyampaikan titahnya yang tidak kalah kontroversial. Jika sebelumnya Undang-Undang KPK yang hangat dan seksi…
  • Dilema Gerbong Perempuan
    Malam itu, saya pulang dengan menggunakan kereta dan memutuskan untuk berada di gerbong khusus perempaun, karena pada saat itu gerbong…
  • Poligami Bukan Solusi
    Sudah sejak lama praktik poligami menjadi polemik dikehidupan masyarakat Indonsia. Kisah-kirah rumah tangga poligami tidak jarang diajdikan sebagai cerita inspirasi…
  • Melawan Sistem dengan Suara Kesetaraan
    Akhir-akhir ini, kasus-kasus kekerasan pada perempuan seringkali terjadi. Pelecehan seksual, kekerasan seksual, kriminalisasi pekerja seks, psikolog gadungan yang melakukan kekerasan…
  • Suami Saya Bapak Rumah Tangga dan Saya Bangga
    Beberapa hari yang lalu, suami saya bercerita tentang pertanyaan seorang petugas perempuan di kantor TU SD ketiak ia hendak membayar…
  • Kenapa Pilihan Perempuan Masih Dipertanyakan?
    “Disuruh memilih jurnalis atau ibu rumah tangga?”, Kang Deni mencecar Najwa Shihab. Mbak Najwa menyahut dengan mantap : “Kenapa sih…
  • Dimanakah Ilmuwan Perempuan Indonesia?
    Saya yakin tidak banyak dari kita yang tahu bahwa 11 Februari merupakan international day of women and girls in science.…
  • Bukan #TimIstriSah tapi #TimDukungPerempuan
    Para perempuan yang memberi (atau diberi) label ‘istri sah’ dengan sengaja membawa kamera dan mendokumentasikan perlakuan kasar atau mengintimidasi terhadap…
  • Feminisme Adalah Masa Depan Perempuan Akhir Zaman
    Teror kebencian dan penolakan Feminisme terus digaungkan dalam kajian keagamaan bahkan aksi langsung oleh kelompok Islam konservatif dengan dalih Feminisme…
  • Apakah “Semes7a” Sebagus Kelihatannya?
    Dalam berbagai mitologi, bumi sering dipersonifikasikan sebagai perempuan. Gaia dalam mitologi Yunani, Ishtar di Babilonia, dan Isis di Mesir, misalnya.…
  • Adakah Cara Menjadi Feminis Kristen?
    Sebagai seorang perempuan yang belajar teologi, saya mengenal teologi feminis pertama kali sebagai sebuah mata kuliah di program S1 Teologi.…
  • Kenapa Ibu Saya Lebih Unggul dari Lelaki
    Perempuan tak ubahnya seperti objek yang hanya dinikmati saja. Anggap saja, rumah sebagai penjara yang menyesakkan serta pekerjaan rumah tangga…
  • Forum Pemberdayaan Perempuan yang Memperdaya
    Seiring dengan perkembangan zaman dan perkembangan pola pikir perempuan, banyak sekali forum-forum perempuan yang lahir. Visinya sih ‘mewadahi’ perempuan-perempuan untuk…
  • Ideologi
    Membungkuk di balik tirai-tirai dominasiMelebur, melebur, melebur, dan hancurRiasannya tentu telah lebih dulu lunturRentang pasrah dan juangnya bak tali temali…
  • Perhiasan Peradaban
    Berguna bagi semua itu sebuah harapanKelak dibutuhkan atau tidak, tak menjadi sebuah bebanMemiliki keintelektualan merupakan sebuah keharusanSemua itu agar terhindar…
  • Persetan Kau
    Kami berdiri disini, kau terkejut Kami bersuara, alismu mengerut Kami berteriak, kau menyikut Kenapa? Persetan kau Kami dilecehkan, kau mengintrogasi…
  • Perempuan Resah
    Kadang aku merasa bingung dengan sesama perempuanKenapa?Karena aku berada di antara persimpangan perempuan Perempuan yang berjuangPerempuan yang sedang mengusahakan haknya,Perlindungan…
  • Memilih tak Bekerja Juga Hak Ibu
    Suatu hari seorang sahabat menghubungi ku. “Aku mau cerita” katanya.  Dulu sekolah adalah tempat kami berbagi tangis tawa. Namun saat…
  • Komik Girls’ World Cerminan Perundungan Sesama Perempuan
    Sering sekali kita mendengar istilah perundungan atau yang biasa kita kenal sebagai bullying. Wujud dari bullying pun banyak ditemui dalam…
  • Bidadari Penuh Luka
    Taukah kau AdamAku begitu muak padamu  Karena kau tak pernah membelaku dihadapan TuhanTahukah kau Adam begitu konyolnya engkau menganggapku aneh…
  • Perem-Puan
    Situlang rusuk yang dipandang sebelah mataHidup dibawah selangkangan priaYang tak menurut siap-siap jadi mangsa Perem – puan Yang sejak kecil…
  • Namanya Senyap
    Tubuh adalah makam yang lahir dari rahim kembangmatanya lautan jejak dan jamah yang berserakankukunya kunang-kunang yang menghidupkan kidung kematian Namanya…
  • Melajang adalah Perlawanan
    Suatu ketika saya sedang membuka Facebook sambil bertukar pesan dengan teman saya, sebut saja Neny. Kami sedang membahas mengenai film…
  • Perawat Berhak Diperlakukan Setara
    “Menjadi perawat tidak sesederhana yang dibayangkan hanya dengan memakai hairnet, nurse cap, hingga berseragam putih. Tetapi disisi lain, ada sejumlah…
  • Kenapa Perempuan Saling Membenci?
    Suatu hari, ketika membuka Youtube, sebuah video dari seorang influencer favorit saya muncul. Video itu, terasa menampar dan entah bagaimana,…
  • Apakah Feminis Harus Bisa Angkat Galon?
    “Kalau kamu seorang Feminis dan menginginkan kesetaraan mengapa tidak menggantikan tugas laki-laki mengangkat galon?”Argumen tersebut dikatakan oleh teman laki-lakiku saat…
  • Jadi Janda atau Menderita?
    Kadang dalam hidup kita dihadapkan pada pilihan-pilihan yang membuat kita takut. Terlebih saat harus memilih antara dua pilihan yang sama…
  • Standar Kecantikan
    Gadis yang manis namun selalu menangisAkibat otaknya yang diperas oleh pikiran cemas Pikirannya terbang pada hujatan manusiaMenganggap ‘Standar Kecantikan’ hal…
  • Berhentilah Menghamba Pada Cinta Lelaki
    Tak jarang sekali saya menemukan perempuan yang masih menghamba pada cinta lelaki. Budaya yang patriarkis memang mengkondisikan perempuan untuk menghamba…
  • Naik Angkot di Ibu Kota, Menyelami Permasalahan Kaum Miskinnya
    Menjadi penumpang setia Angkutan Kota (angkot) dan Koperasi Angkutan Jakarta (kopaja) di ibu kota membikin diri ini tambah puyeng dan…
  • Kita Hanya Ingin Didengar, Bukan Diceramahin
    Setiap orang tentu memiliki seseorang atau beberapa orang teman terbaik dalam hidupnya. Tentunya apa yang menjadikan seseorang sahabat adalah upaya…
  • Tak Perlu Malu Menjanda
    Apa yang terbesit di pikiran kalian ketika mendengar kata janda? Perempuan lemah? pelakor? miskin? Gampangan? Sudah miskin, lemah, tak tau…
  • Maaf Ayah, Cita-citaku Bukan Tiket Neraka
    Kata orang ayah adalah cinta pertama bagi anak perempuannya. Tetapi aku tidak sama sekali setuju. Hari itu, aku benar-benar meragukan…
  • Salahkah Ibu Merasa tak Bahagia?
    Sudah punya suami yang baik, sudah punya anak yang manis, hidup pun berkecukupan. Tidak perlu bekerja, sudah ada yang menafkahi,…
  • Mental Pemerkosa di Media Massa
    Sebelum membaca artikel ini, saya ingin pembaca sekalian segera buka gadget, lalu buka browser yang ada, masukan kata kunci Pemerkosaan…
  • Kami Bukan Anak Durhaka, Hanya Saja Kami Ingin Bahagia
    Seorang perempuan yang sudah mengenyam pendidikan pasti menginginkan dirinya bisa berkembang sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki, selain mengurus  dapur,…
  • Perkosaan tak Seharusnya Menjadi Budaya
    Perempuan, dimanapun keberadaannya, bagaimanapun posisinya, berapapun umurnya, apapun perannya dan statusnya di masyarakat tidak pernah berjalan baik baik saja. Rentetan…
  • Pernikahan dan Krisis Eksistensi
    Bagi sebagian orang, menikah dianggap sebagai tujuan hidup yang paripurna. Hal tersebut mampu saya konfirmasi, paling tidak di lingkungan sendiri,…
  • Arti di Balik Perempuan yang Bersuara
    Terlahir sebagai perempuan, apa saja yang telah saya alami? Banyak, mungkin tidak semua bisa saya ceritakan, bahkan cerita ini mungkin…
  • Mengapa Memperkosa?
    Berbicara tentang perkosaan, siapapun bisa menjadi korban serangan atau kekerasan seksual dari seorang predator seksual terlepas dari usia, jenis kelamin,…
  • Meghan Berlari, Harry Mengikuti
    Kemarin berhari-hari kata Megan jadi trending topic di akun twitter saya. Ternyata penyebanya gara-gara duke and dutchess Sussex berencana resign…
  • Perempuan Tanpa Labia
    Kenapa aku harus malu? Apa karena tak memiliki labia? Aku perempuan tanpa labia Aku perempuan tanpa titik kenikmatan Aku perempuan…
  • Dewi Durjana
    Tidak apa apa  Keluarga membuangku Tidak menjadi masalah Aku merdeka Pertengkaran karena identitas dan pekerjaan yang kulakukanMembuat mereka larut dan…