Serial Ini Bikin Kamu Ingin Jadi Astronot (Lagi)

Siapa sih di antara kita yang cita-citanya pupus karena orangtuanya bilang bahwa hanya lelaki yang bisa menjadi Astronot? Menjadi astronot adalah cita-cita banyak anak perempuan sejak kecil. Keinginan untuk menjadi astronot pun berangkat dari rasa penasaran untuk menggapai langit dan bintang-bintang yang nan jauh disana

Tentu tidak semua serial TV mengangkat tentang pentingnya pengarusutamaan gender dan menerapkan inklusifitas dalam memilih pemeran yang akan memerankan peran-peran di dalam ceritanya. Nah ada dua serial yang cukup menarik untuk ditonton untuk membangkitkan semangat kamu dan menginspirasi anak perempuan meraih cita-citanya.

Away

Serial ini bercerita tentang Emma Green yang dibintangi oleh Hillary Swank. Dikisahkan Emma yang memimpin misi kolaborasi antar negara melalui NASA, untuk mendaratkan manusia pertama ke Mars. Emma mengalami berbagai tantangan tatkala ia harus memimpin krunya agar mereka bisa mendarat dengan selamat.

Tantangan yang dialami Emma tentunya bersinggungan dengan dirinya yang juga seorang ibu untuk Lexi dan istri untuk Matt. Kita tidak bisa menafikkan bahwa perempuan memiliki identitas yang saling bersinggungan dan kita tidak ingin menghilangkan sisi itu dari cerita yang mengangkat tentang perempuan. Di mata dunia dan media, kemampuan Emma sebagai pemimpin kru misi sangat diragukan.

Kepemimpinan Emma juga ditantang tatkala ia dianggap hampir merugikan nyawa krunya di luar angkasa. Tentu adanya ketidakpercayaan antar kru juga mengakibatkan perseteruan dan ketegangan ketika menentukan keputusan yang terbaik. Namun Emma berhasil mengutamakan kepentingan setiap krunya agar mereka bisa kerjasama. Kita bisa belajar banyak dari kepemimpinan Emma yang berusaha mendengarkan kebutuhan dan pendapat satu sama lain.

Selain peran Emma, karakter Lu Wang yang diperankan oleh Vivian Wu juga tak kalah menariknya. Ia adalah ilmuwan kimia mewakili Tiongkok yang paham tentang seluk beluk senyawa-senyawa alam. Lu yang terkesan dingin dan ambisius, terlihat antagonis di awal. Namun lambat laun kamu akan jatuh cinta dengannya karena kepintarannya dan idealis-idealisnya. Awalnya Lu mencurigai Emma, namun ialah yang meyakinkan Emma untuk meneruskan misi ke Mars.

Di dalam serial, Lu juga diceritakan sebagai seorang ibu dan menemukan cinta keduanya bersama Mei Chen. Namun sayangnya pemerintah Tiongkok menghalangi komunikasi di antara keduanya serta memindahkan Mei untuk bekerja di divisi lain, lantaran ditakutkan Lu dan Mei dapat membuat skandal karena status Lu yang sudah menikah, dan masih adanya stigma kepada pasangan Queer.

Baca:  Apakah “Semes7a” Sebagus Kelihatannya?

Tentu cerita personal para astronot lebih memiliki porsi yang lebih besar daripada porsi teknisnya. Ini yang menjadi kekurangannya. Namun bukan berarti film ini tidak jadi layak nonton. Hal-hal teknis terkait penerbangan luar angkasa juga terdapat tatkala mereka menceritakan tetang kendala para astronot untuk memperbaiki sistem perairan pesawat luar angkasanya dan momen ketika ia harus mendaratkan pesawat di Mars.

Ketika kita menonton film fiksi sains bertemakan luar angkasa yang dilihat adalah kemampuan karakter meragakan kemampuan yang ia miliki untuk berkontribusi ke dalam misi penerbangan,

Serial ini hanya berisikan sepuluh episode untuk season pertamanya. Kamu bisa menonton serial ini melalui Netflix.

For All Mankind

Serial ini berlatar berlakang tahun 1960-an dan bercerita tentang alternatif sejarah dalam membayangkan Amerika dan Uni Soviet yang terus berlomba-lomba untuk membangun pangkalan di bulan. Walaupun serial ini diawali dengan astronot lelaki yang diunggulkan untuk berangkat ke bulan, namun bukan berarti astronot perempuan tidak punya tempat.

Ada perpolitikkan di dalam tubuh organisasi NASA untuk membuka kesempatan agar perempuan juga bisa menjadi astronot. Para astronot perempuan juga mengalami berbagai tempaan dan ujian untuk dianggap memenuhi syarat menerbangkan pesawat luar angkas. Dan ketika program astronot perempuan hendak dimatikan akibat sebuah kecelakaan, astronot yang melatih perempuan berusaha mempertahankan program tersebut karena melihat bahwa astronot perempuan dan lelaki tidak ada bedanya dan sama kompetennya.

Selain hal-hal teknis, ada cerita tentang kehidupan para perempuan yang tidak hanya terlibat menjadi astronot namun menjadi istri para astronot dan menjadi sistem pendukung agar astronot bisa selamat menjalankan misinya. Tentunya kehidupan para istri astronot tidak semudah dan seglamor seperti yang orang bayangkan. Melalui serial ini peran perempuan yang beragam mendukung misi luar angkasa digambarkan dengan baik.

Baca:  Hope dan Upaya Mencari Pemulihan

Adapula kisah tentang Margo Madison, seorang insinyur yang menjadi pemimpin Mission Control di NASA. Margo sendiri juga mengalami berbagai pergolakkan dan permainan politik di dalam institusi NASA agar ia bisa mendapatkan posisi sebagai pemimpin Mission Control. Selain itu ada Danielle Poole, astronot perempuan kulit hitam yang rela menciderai diri dan harga dirinya agar rekan astronot bisa pulang bersamanya.

Yang menarik dari serial ini adalah, setiap episode menceritakan satu periode waktu tertentu, sehingga dalam satu season cukup banyak peristiwa dan cerita yang menarik yang dapat kita tonton.

Sayangnya beberapa hal dari serial ini sangat tidak memperhatikan detail tentang gravitasi ketika syuting. Seringkali adegan para astronot di bulan seolah-olah memiliki gravtiasi padahal kita tahu di bulan gravitasinya tidak seperti di bumi.

Kamu bisa menonton For All Mankind di Apple TV+ dengan sepuluh episode di season pertama.

Kedua serial ini bisa ditonton bersama anak-anak dengan bimbingan orang tua agar anak-anak terutama anak perempuan bisa tetap terinspirasi. Professionalitas karakter Emma, Lu, Margo dan Danielle serta deretan astronot perempuan dan para perempuan yang bekerja mendukung astronot bisa menjadi panutan untuk banyak anak perempuan meraih mimpinya.

Seorang feminis Jawa yang sesekali melakoni sebagai dokter gigi serta melawan segala ketidakmungkinan untuk menemukan cinta, kehidupan, dan semangat hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *